Kunci Balasan Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14


 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14 - Pembelajaran Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran 2 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP.

Buku Siswa yang dipakai selaku sumber berguru di kelas 6 ialah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (K13) Revisi 2018.

Dalam Pembelajaran 2 Subtema 1 Tema Persatuan dalam Perbedaan terdapat beberapa latihan soal yang mesti dilaksanakan siswa secara mandiri. Untuk menolong mendapatkan balasan yang sempurna berikut ini kami bagikan alternatif kunci balasan soal yang terdapat pada halaman 9, 10, 11, 14.

Baca Juga :

Tema 2 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2

Pelangi indah lantaran warna yang berbeda-beda. Hidup berbangsa dan bertanah air indah jikalau kita hidup rukun meskipun berbeda-beda.

Ayo Mengamati

Amati gambar wacana penduduk yang hidup rukun dalam perbedaan berikut!

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Bacalah teks berikut!

Perbedaan yang Menguatkan

Kampung Cempaka yakni suatu kampung transmigran. Warganya berasal dari banyak sekali kawasan padat di Pulau Jawa. Hal itu memicu mereka berlawanan suku maupun agama.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Di Kampung Cempaka, hiduplah lima orang sahabat. Ada Asnah yang berdarah Sunda, Utami dari Banyuwangi, Toni, seorang anak etnis Tionghoa yang sebelumnya tinggal di Semarang, Wande dari suku Tengger di Jawa

Timur, dan Marta, anak seorang pendeta yang dulu tinggal di Solo. Di Kampung Cempaka, rumah mereka bersebelahan dan mereka pergi ke sekolah yang sama. Itu sebabnya mereka sungguh akrab. Mereka suka bermain bareng dan sering menghabiskan waktu di rumah satu sama lain.

Meskipun berlawanan suku, kebersamaan begitu kental terlihat dalam keseharian mereka. Bersama bawah umur lain di Kampung Cempaka, mereka setiap tamat ahad berkumpul di balai utama kampung. Biasanya, selain berolahraga bersama, mereka juga kerap berkeliling ke tempat tinggal warga, menolong melakukan apa saja yang dikehendaki warga.

Kadang-kadang mereka menolong warga lanjut usia, sekadar merapikan rumah atau merencanakan makanan. Sesekali mereka juga menolong orang renta yang sedang melakukan pekerjaan bakti membersihkan lingkungan.

Dari Toni, mereka berguru menari Barongsai. Lalu mereka ajarkan tarian itu terhadap bawah umur sekampung. Sementara itu, setiap tiba dikala panen, Wande dan keluarganya akan sibuk memimpin warga menciptakan Tumpeng Gede, yakni nasi khas dari kawasan Tengger yang dibentuk untuk mensyukuri berkah Tuhan dalam wujud panen raya.

Sikap toleransi yang ditunjukkan kelima kawan dekat itu memang sekadar berupa hal-hal kecil. Hal kecil dalam keseharian itulah yang merefleksikan kehidupan Bhinneka Tunggal Ika di Kampung Cempaka yang kaya akan perbedaan. Mereka hidup tenang berdampingan dan ikhlas saling menjaga.

Perbedaan tidak membatasi persatuan. Dengan bersatu, kita sanggup melakukan banyak hal.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 9

Setelah memperhatikan gambar dan membaca teks wacana hidup rukun dalam perbedaan, tulis hal yang kau ingin pahami lebih lanjut dalam bentuk pertanyaan!

Apa faedah perbedaan dalam masyarakat?

Apa saja penyebab perbedaan yang ada dalam masyarakat?

Bagaimana cara bergaul dalam perbedaan latar belakang budaya?

Sikap apa saja yang dikehendaki dalam menghadapi perbedaan?

Tukarkan pertanyaan yang sudah kau buat dengan sobat di sebelahmu dan bahas jawabannya bersama-sama!

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 10

Tulis kesimpulan wacana persatuan lewat hidup rukun dalam perbedaan pada sketsa berikut!

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Apa perbedaan yang ada?
Jawaban : Perbedaan yang ada yakni suku dan agama.

Bagaimana menyikapinya?
Jawaban : Cara menyikapinya yakni dengan perilaku toleransi yang dimulai dari hal-hal kecil dalam keseharian.

Apa faedah hidup rukun?
Jawaban : Manfaat hidup rukun yakni memiliki banyak teman, hidup tenang dan saling menjaga,dapat melakukan banyak hal bersama-sama.

Kunci Jawaban Tematik Tema 2 Kelas 6 Halaman 11

Ceritakan pengalamanmu wacana hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalmu selaku penerapan persatuan!

Jelaskan wacana :
  • perbedaan yang ada,
  • kegiatan yang dilakukan teman/warga tolong-menolong secara rukun,
  • sikapmu atau perilaku keluargamu terhadap perbedaan yang ada, dan
  • manfaat yang kau rasakan dari persatuan dalam perbedaan.

Alternatif balasan diubahsuaikan dengan pengalaman iswa wacana hidup rukun di sekolah atau lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Sampaikan pendapatmu terhadap sobat kelompokmu!

Ayo Berkreasi

Semangat persatuan bangsa Indonesia tercermin pada seni budaya lokal, salah satunya yakni lewat tarian. Banyak tarian kawasan Indonesia yang menyerukan persatuan.

Bacalah teks berikut dalam hati!

Lego-Lego, Tari Adat Alor Bermakna Persatuan

Tarian budpekerti yakni salah satu kekayaan budaya yang disampaikan secara bebuyutan dari nenek moyang. Tarian budpekerti kerap memiliki pesan dan makna yang luhur. Salah satunya ada pada tari Lego-lego dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Tarian ini ditujukan untuk mengajak masyarakatnya bersatu membangun kampung dan negeri. Pada masing-masing kawasan di Kabupaten Alor terdapat gaya tari dan nyanyian yang berbeda-beda, tetapi formasinya tetap  sama,  yakni  lingkaran.

Masing-masing nyayian dan pantun yang diungkapkan dikala menari, bermakna serta cita-cita yang berbeda-beda. Beberapa literatur menyatakan bahwa tarian ini sempat menjadi tari perang. Sekarang tarian ini lebih  sering  digunakan  untuk menyambut tamu.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Tamu disambut oleh penduduk yang dituakan, kemudian diajak menuju suatu pohon besar yang rindang, dengan beberapa warga wanita yang berpegangan tangan mengelilingi pohon. Tamu dipersilakan untuk berpartisipasi dalam tarian tersebut. Dengan gerakan kaki yang dikontrol sedemikian rupa, penari akan bergerak mengitari pohon. Pasa dikala yang sama, sirih pinang dan minuman sopi ditawarkan. Gerakan kaki dan nyayian di masing-masing kawasan sanggup saja berbeda, tetapi bentuk gugusan bulat dan elemen tradisional yang lain tetap sama.

Di dalam lingkaran, ada tiga laki-laki yang memiliki kiprah berbeda. Ada pemukul gong yang nadanya akan dipakai untuk menjumlah langkah penari, kemudian ada seorang laki-laki yang bernyanyi sekaligus mengucapkan pantun, dan seorang lagi bertugas membagikan sirih pinang serta minuman sopi.

Selain menjadi identitas setiap suku, tarian ini menjadi salah satu identitas pemersatu penduduk Alor yang punya mimpi agar penduduk dan pendatang terus bersatu membangun kampung serta negeri.

Diskusikan dengan sobat kelompokmu bagaimana melakukan tari Lego- lego. Setiap tari tradisional terdiri atas penari yang melakukan tarian secara perorangan, berpasangan, atau berkelompok. Kegiatan menari lebih dari satu orang terlebih berkelompok dalam jumlah yang cukup besar memerlukan kekompakan.

Posisi dalam menari perlu diamati oleh seorang penari. Pengaturan posisi ini disebut dengan contoh lantai.

Seorang penari mesti memperhatikan perpindahan, pergerakan, dan pergantian posisi dikala menari. Pola lantai yakni contoh denah yang mesti dikuasai oleh seorang penari dan berfungsi untuk menciptakan posisi dalam suatu ruang gerak.

Perhatikan jenis contoh lantai berikut!

Pola Lantai Vertikal (Lurus)

Tari klasik banyak menggunakan contoh lantai vertikal. Penari membentuk garis vertikal, yakni garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini menampilkan kesan sederhana, tetapi kuat.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Pola Lantai Diagonal

Penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Pola Lantai Garis Melengkung

Penari membentuk garis lingkaran. Tari rakyat dan tari tradisional banyak menggunakan contoh ini. Pola lantai ini memberi kesan lemah dan lembut.

 Terdiri dari Mata Pelajaran PPKn dan SBDP Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Halaman 14

Temukan banyak sekali tari daerahmu! Sebutkan contoh lantai tariannya!

Jawaban diubahsuaikan dengan tari yang diseleksi siswa sesuai dengan wilayahnya masing-masing siswa.

Praktikkan contoh lantai satu tarian bareng kelompokmu dan tuliskan langkah-langkahnya! Kamu sanggup memperbesar menggambar contoh lantai tersebut.

Jawaban diubahsuaikan dengan tari yang diseleksi siswa sesuai dengan wilayahnya masing-masing siswa.

Diskusikan contoh lantai tarian tersebut dengan sobat kelasmu!

Kamu gres saja menjajal contoh lantai dalam menari. Kerja sama yang bagus mesti dimiliki oleh seorang penari agar menciptakan tarian yang indah.

Perbedaan yang dimiliki oleh para penari dihentikan membatasi semangat persatuan dalam menciptakan tarian yang indah.

Demikianlah Artikel yang Berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14

Terima kasih sudah membaca postingan ini, mudah-mudahan kunci balasan tematik kelas 6 tema 2 subtema 1 pembelajaran 2 ini sanggup menampilkan faedah bagi para pembaca di manapun berada.

Artikel yang sedang anda baca ini berjudul Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 2 Kelas 6 Halaman 9, 10, 11, 14 dengan alamat link https://blogdewiratih.blogspot.com//search?q=jawaban-buku-tema-1-kelas-5.

Buat lebih berguna, kongsi:
close