Soal Analisa Selesai Semester 2 Pjok Kelas 5 Sd Dan Kunci Jawaban

Soal Penilaian Akhir Semester 2 PJOK Kelas 5 SD dan Kunci Jawaban, halaman 212 akan kami suguhkan secara rinci di bawah ini, biar selalu dijadikan selaku materi aksesori mencar ilmu dan latihan menjawab soal materi pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar

Soal Penilaian Akhir Semester 2 PJOK Kelas 4 SD dan Kunci Jawaban
  • Soal Penilaian Akhir Semester 2 PJOK Kelas 6 SD dan Kunci Jawaban
  • Adapun materi soal-soal Penjasorkes kelas 5 ini, berisi wacana Kombinasi Pola Gerak Dominan pada Senam Ketangkasan Menggunakan Alat, Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan Dalam Aktivitas Berirama, Renang Gaya Dada, Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit, dan Bahaya Rokok, Minuman Keras dan Narkoba, sesuai isi materi yang dipelajari sepanjang semester 2

    Mata Pelajaran PJOK, penerapan pola praktek dan teori setidaknya seimbang. Namun fakta dilapangan, pembelajaran secara tatap muka/pembelajaran pribadi lebih banyak dijalankan (praktek) dari pada pembelajaran materi (indoor/tertutup) 

    Untuk itu, mengingat pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, secara citra lazim sering dijalankan pembelajaran di lapangan (praktik). Sehingga pada ketika ulangan/ujian tertulis, masih memerlukan banyak aksesori latihan soal

    Baca Juga: Download Kumpulan Buku PJOK Kelas 4, 5, dan 6 SD K13 Revisi 2019 Buku Guru dan Buku Siswa

    Soal Penilaian Akhir Semester 2 PJOK Kelas 5 SD dan Kunci Jawaban

    Soal PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 yang kami sajikan, berisikan beberapa bentuk soal, menyerupai soal pilgan (pilihan ganda), soal mengisi titik-titik/isian dan soal uraian. Hadirnya soal-soal latihan ini, diperlukan adik-adik bisa membuat pola soal cobaan ini selaku materi mencar ilmu dan latihan menjawab soal ketika PTS/UTS, PAS/Penilaian Akhir Semester PJOK kelas 5 Semester 2 atau bisa dijadikan selaku media tambahan/penunjang latihan menjawab soal ulangan harian/Penilaian Harian PJOK Kelas 5

    Langsung saja, untuk lebih detilnya bisa pribadi adik-adik simak soal latihannya di bawah ini.

    Soal PJOK Kelas 5 SD/MI K13 Semester 2 Halaman 212

    Soal latihan PJOK kelas 4 SD/MI K13 Semester 2

    Keterangan Soal :

    Jumlah soal opsi ganda : 20

    Jumlah soal menjawab/uraian singkat: 10

    Soal PJOK Kelas 5 SD/MI Semester 2 Pilihan Ganda

    1.   Perhatikan gambar dibawah ini!

    Soal dan Kunci Jawaban UAS/PAS Kelas 5 Tema 6, Tema 7, Tema 8, Tema 9 Semester 2 dan Kisi-Kisi Terbaru

    2. Perhatikan tindakan berikut!
    1. Berdiri tegak di sentra mata angin.
    2. Geser kaki kiri atau kanan ke depan.
    3. Tekuk kedua kaki dengan titik tumpu di tengah.
    4. Geser kaki ke samping kiri dan kanan.
    5. Kaki tidak bergeser ditekuk dan kaki yang bergeser posisi lurus ke samping.
    Langkah-langkahyangtepatdalamsikapkuda-kudatengah ditunjukkan oleh angka . . . .
    a. 1, 2, dan 3
    b. 1, 2, dan 5
    c. 1, 3, dan 4
    d. 1, 4, dan 5
    3. Wulan bermainbolabasketbersamaRatna.Wulanmelakukan variasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif, yakni menekuk siku dan melempar bola setinggi (chest pass). Dalam permainan bola basket, variasi gerak dasar ini dipakai untuk . . . .
    a. melaksanakan operan jarak jauh
    b. menyingkir dari pengamanan lawan
    c. melaksanakan operan jarak pendek
    d. membatasi lemparan bola lawan
    4. Lintang menghantam bola rounders dibarengi gerakan melangkah. Gerakan yang dijalankan Lintang memamerkan variasi gerak dasar . . . .
    a. manipulatif dan nonlokomotor
    b. manipulatif dan lokomotor
    c. lokomotor dan manipulatif
    d. nonlokomotor dan manipulatif
    5. Fandi akan melaksanakan lempar roket. Fandi perlu memperhatikan gerakan melempar roket yang benar. Salah satu gerak dasar dalam melempar roket yang perlu diamati Fandi yakni gerakan ketika melaksanakan tolakan. Gerakan tolakan yang sempurna ditunjukkan oleh gambar . . . 
    a. 





    b. 






    c. 






    d. 







    6. Perhatikan faktor-faktor berikut!

    1. Intensitas latihan.

    2. Variasi bentuk latihan.

    3. Kombinasi bentuk latihan.

    4. Pengulangan latihan.

    Faktor-faktor yang memengaruhi latihan interval ditunjukkan oleh angka . . . .

    a. 1 dan 2
    b. 1 dan 4
    c. 2 dan 3
    d. 3 dan 4
    7.  Ninda berlatih melompati peti lompat. Posisi kaki Ninda ketika terbang di atas peti seharusnya . . . .
    a.  ditekuk
    b.  diayunkan
    c.  dirapatkan
    d.  dikangkangkan
    8.  Ani dan teman-temannya melaksanakan senam ketangkasan. Sebelum melaksanakan senam, Pak Guru mengajak mereka melaksanakan pemanasan. Pemanasan berfungsi untuk . . . .
    a.  menyingkir dari cedera
    b.  mempertahankan tubuh tetap bugar
    c.  memberi tenaga tambahan
    d.  mengembangkan kesanggupan senam
    9.  Perhatikan gambar berikut!





    Gambar diatas memamerkan gerak . . . .

    a.   langkah biasa

    b.   langkah rapat

    c.   langkah depan

    d.   langkah keseimbangan

    10. Yeni melaksanakan kesibukan gerak berirama. Yeni melaksanakan ayunan lengan. Dalam gerak berirama, ayunan lengan berniat . . . .

    a. menandai perpindahan gerakan

    b. mempermudah variasi langkah

    c. menyesuaikan irama musik peng¬iring

    d. menyeimbangkan tubuh ketika bergerak

    11. Perhatikan gambar ayunan lengan berikut!








    Gerak yang dijalankan seorang anak menyerupai pada gambar yakni . . . .

    a. ayunan dua lengan ke samping

    b.ayunan dua lengan ke depan dan belakang

    c.ayunan satu lengan ke depan dan belakang

    d.ayunan satu lengan dari depan ke samping

    12.Gerakan meluncur dalam renang gaya dada dijalankan dengan cara . . . .

    a. kaki bertumpu pada dinding

    b. lengan berada di bawah dagu

    c. posisi wajah berada di atas permukaan air

    d. kedua kaki dan lengan lurus sejajar permukaan air

    13.Eva akan melaksanakan renang gaya dada. Gaya tersebut sanggup dijalankan dengan posisi. . . .

    a. miring ke kiri

    b. miring ke kanan

    c. menghadap ke atas

    d. menghadap ke bawah

    14.Perhatikan gambar berikut!





    Gerakan renang menyerupai gambar disebut dengan ungkapan gaya . . . .

    a. dada

    b. bebas

    c. punggung

    d. kupu-kupu

    15. Menjaga kesehatan tubuh sanggup dijalankan dengan cara . . . .
    a. mencar ilmu yang rajin
    b. olahraga secara teratur
    c. makan yang banyak
    d. tidur siang setiap hari
    16.Orang yang menderita penyakit menular diposisikan di ruangan isolasi di rumah sakit. Langkah tersebut dijalankan dengan tujuan . . . .
    a. menghindarkan perawat dari virus penyakit
    b. menghasilkan keluarga orang yang sakit merasa nyaman
    c. menghasilkan orang yang sakit merasa nyaman
    d. biar virus penyakit tidak menular
    17.Penyakit malaria disebabkan oleh gigitan hewan pada gambar . . . .
    a. 




    b. 





    c. 





    d. 






    18. Nikotin merupakan zat adiktif yang terdapat pada rokok. Zat ini berbahaya lantaran . . . .

    a. menyebabkan kecanduan

    b. mengusik pernapasan

    c. menyumbat paru-paru

    d. menyebabkan kanker

    19.Ampetamin tergolong salah satu jenis narkoba. Kebiasaan mengonsumsi amphetamin membuat pengaruh jangka pendek yakni . . . .

    A. anggapan kacau

    B. mengalami eufhoria

    C. pernapasan menjadi lambat

    D. kerusakan tata cara kardiovaskular

    20. Zat adiktif ini sanggup dipakai selaku pembius dan berpengaruh merangsang jaringan otak penggalan pusat. Zat adiktif yang dimaksud merupakan . . . .

    a. kokain

    b. nikotin

    c. alkohol

    d. cannabinoids

    Soal PJOK Kelas 5 SD/MI Semester 2 Uraian

    1. Thomas dan Ardi melaksanakan variasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif lewat gerakan javeline pass. Jelaskan gerakan javeline pass dalam permainan bola basket!

    2. Jelaskan variasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif, yakni berjongkok dan menangkap bola menyusur tanah dalam permainan rounders!

    3. Jelaskan posisi tubuh yang benar setelah melaksanakan lemparan roket!

    4. Sebutkan dua bentuk latihan interval!

    5. Jelaskan cara melatih lompatan dengan awalan lari dalam lompat jauh!

    6. Jelaskan cara melompati boks lompat pada gerak ketangkasan!

    7. Dewi dan Lusi melaksanakan langkah samping. Bagaimana langkah- langkah melaksanakan langkah samping?

    8. Bagaimana posisi tubuh ketika melaksanakan gerakan renang gaya dada?

    9. Tuliskan lima cara hidup sehat secara sederhana!

    10.Jelaskan cara penanggulangan dilema narkoba secara kurasi!

    Itulah hidangan singkat kami perihal Soal Penilaian Akhir Semester 2 PJOK Kelas 5 SD dan Kunci Jawaban. Semoga bermanfaat 

    Kunci Jawaban Soal Penilaian Akhir Semester PJOK Kelas 5 SD Semester 2

    Pilihan Ganda

    1. c

    2. d

    3. c

    4. b

    5. c

    6. b

    7. d

    8. a

    9. c

    10.d

    11.a

    12.a

    13.d

    14.a

    15.b

    16.d

    17.c

    18.a

    19.d

    20.a

    Uraian 

    1.  Javeline pass merupakan operan untuk jarak yang cukup jauh dengan lintasan di atas kepala. Teknik ini dijalankan untuk menyingkir dari pengamanan lawan. Gerakan javeline pass diawali dengan memegang bola satu tangan di atas kepala. Tangan lain diangkat untuk menyeimbangkan gerakan. Operan dijalankan dengan mengayun lengan dari siku ke atas depan sambil memutar tubuh ke depan.

    2. Kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif yakni berjongkok dan menangkap bola rounders menyusur tanah dijalankan dengan cara berikut. Posisi permulaan jongkok dan kedua telapak tangan dibuka. Saat bola datang, julurkan tangan ke depan untuk menangkap bola. Jika bola sudah tertangkap, secepatnya tarik tangan ke arah badan.

    3. Posisi tubuh yang benar setelah melakukan­ lemparan raket yakni memindahkan berat tubuh dari belakang ke depan dibarengi langkah kaki kanan melompat ke depan dan kaki kiri pindah ke belakang. Gerakan tersebut mesti dijalankan di belakang garis batas lemparan biar lemparan dianggap sah

    4. Dua bentuk latihan interval (interval training), yakni interval running (lari) dan interval swimming (renang).

    5. Melatih lompatan dengan awalan dalam lompat jauh sanggup dijalankan dengan cara berikut.

    Berlari dengan kecepatan stabil.

    Ubah langkah dari lari ke melompat dengan cepat.

    Pergelangan kaki, lutut, dan persendian panggul dilekukkan untuk memberi tenaga dorong yang besar.

    6. Langkah-langkah melompati boks lompat selaku berikut.
    Lakukan ancang-ancang sekira 10 meter dari peti lompat.
    Lari dan lompati peti lompat.
    Lompat dan kangkangkan kedua kaki. Kedua tangan menekan peti lompat untuk memperbesar dorongan ke depan..
    Mendarat memakai dua kaki.
    7.  Gerakan langkah samping (zijpas) dijalankan dengan melangkahkan kaki ke samping kanan dan kiri. Gerakan diawali dengan melangkah ke samping kanan. Kemudian, kaki kiri ditarik mendekati kaki kanan. Gerakan yang serupa dijalankan ke smaping kiri. Gerak langkah dijalankan berulang-ulang sesuai hitungan atau irama
    8. Saat melaksanakan renang gaya dada tubuh mesti direntangkan secara lurus. Selain itu, posisi tubuh telungkup dan wajah menghadap permukaan air.
    9. Hidup sehat secara sederhana sanggup dijalankan dengan cara mencuci tangan memakai sabun, melaksanakan pemberantasan jentik-jentik nyamuk, menggunakan­ air higienis untuk kebutuhan rumah tangga, mengonsumsi masakan gizi seimbang, dan melaksanakan kesibukan fisik setiap hari
    10. Kurasi pada penanggulangan dilema narkoba merupakan cara penanggulangan yang berniat mengobati pemakai narkoba dari ketergantungan dan menghentikan pemakaian narkoba hingga sembuh. Pengobatan ini cuma boleh dijalankan dokter luar biasa yang lazim mengatasi dilema narkoba secara khusus



    Sumber https://www.pendidikanterkini.com/
    Buat lebih berguna, kongsi:
    close