Soal Penilaian Akhir Semester 2 PJOK Kelas 5 SD dan Kunci Jawaban, halaman 212 akan kami suguhkan secara rinci di bawah ini, biar selalu dijadikan selaku materi aksesori mencar ilmu dan latihan menjawab soal materi pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar
Adapun materi soal-soal Penjasorkes kelas 5 ini, berisi wacana Kombinasi Pola Gerak Dominan pada Senam Ketangkasan Menggunakan Alat, Kombinasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan Lengan Dalam Aktivitas Berirama, Renang Gaya Dada, Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit, dan Bahaya Rokok, Minuman Keras dan Narkoba, sesuai isi materi yang dipelajari sepanjang semester 2
Mata Pelajaran PJOK, penerapan pola praktek dan teori setidaknya seimbang. Namun fakta dilapangan, pembelajaran secara tatap muka/pembelajaran pribadi lebih banyak dijalankan (praktek) dari pada pembelajaran materi (indoor/tertutup)
Untuk itu, mengingat pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, secara citra lazim sering dijalankan pembelajaran di lapangan (praktik). Sehingga pada ketika ulangan/ujian tertulis, masih memerlukan banyak aksesori latihan soal
Baca Juga: Download Kumpulan Buku PJOK Kelas 4, 5, dan 6 SD K13 Revisi 2019 Buku Guru dan Buku Siswa
Soal Penilaian Akhir Semester 2 PJOK Kelas 5 SD dan Kunci Jawaban
Soal PJOK Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Semester 2 yang kami sajikan, berisikan beberapa bentuk soal, menyerupai soal pilgan (pilihan ganda), soal mengisi titik-titik/isian dan soal uraian. Hadirnya soal-soal latihan ini, diperlukan adik-adik bisa membuat pola soal cobaan ini selaku materi mencar ilmu dan latihan menjawab soal ketika PTS/UTS, PAS/Penilaian Akhir Semester PJOK kelas 5 Semester 2 atau bisa dijadikan selaku media tambahan/penunjang latihan menjawab soal ulangan harian/Penilaian Harian PJOK Kelas 5
Langsung saja, untuk lebih detilnya bisa pribadi adik-adik simak soal latihannya di bawah ini.
Soal PJOK Kelas 5 SD/MI K13 Semester 2 Halaman 212
Soal latihan PJOK kelas 4 SD/MI K13 Semester 2
Keterangan Soal :
Jumlah soal opsi ganda : 20
Jumlah soal menjawab/uraian singkat: 10
Soal PJOK Kelas 5 SD/MI Semester 2 Pilihan Ganda
1. Perhatikan gambar dibawah ini!
b.
c.
d.
6. Perhatikan faktor-faktor berikut!
1. Intensitas latihan.
2. Variasi bentuk latihan.
3. Kombinasi bentuk latihan.
4. Pengulangan latihan.
Faktor-faktor yang memengaruhi latihan interval ditunjukkan oleh angka . . . .
Gambar diatas memamerkan gerak . . . .
a. langkah biasa
b. langkah rapat
c. langkah depan
d. langkah keseimbangan
10. Yeni melaksanakan kesibukan gerak berirama. Yeni melaksanakan ayunan lengan. Dalam gerak berirama, ayunan lengan berniat . . . .
a. menandai perpindahan gerakan
b. mempermudah variasi langkah
c. menyesuaikan irama musik peng¬iring
d. menyeimbangkan tubuh ketika bergerak
11. Perhatikan gambar ayunan lengan berikut!
Gerak yang dijalankan seorang anak menyerupai pada gambar yakni . . . .
a. ayunan dua lengan ke samping
b.ayunan dua lengan ke depan dan belakang
c.ayunan satu lengan ke depan dan belakang
d.ayunan satu lengan dari depan ke samping
12.Gerakan meluncur dalam renang gaya dada dijalankan dengan cara . . . .
a. kaki bertumpu pada dinding
b. lengan berada di bawah dagu
c. posisi wajah berada di atas permukaan air
d. kedua kaki dan lengan lurus sejajar permukaan air
13.Eva akan melaksanakan renang gaya dada. Gaya tersebut sanggup dijalankan dengan posisi. . . .
a. miring ke kiri
b. miring ke kanan
c. menghadap ke atas
d. menghadap ke bawah
14.Perhatikan gambar berikut!
Gerakan renang menyerupai gambar disebut dengan ungkapan gaya . . . .
a. dada
b. bebas
c. punggung
d. kupu-kupu
b.
c.
d.
18. Nikotin merupakan zat adiktif yang terdapat pada rokok. Zat ini berbahaya lantaran . . . .
a. menyebabkan kecanduan
b. mengusik pernapasan
c. menyumbat paru-paru
d. menyebabkan kanker
19.Ampetamin tergolong salah satu jenis narkoba. Kebiasaan mengonsumsi amphetamin membuat pengaruh jangka pendek yakni . . . .
A. anggapan kacau
B. mengalami eufhoria
C. pernapasan menjadi lambat
D. kerusakan tata cara kardiovaskular
20. Zat adiktif ini sanggup dipakai selaku pembius dan berpengaruh merangsang jaringan otak penggalan pusat. Zat adiktif yang dimaksud merupakan . . . .
a. kokain
b. nikotin
c. alkohol
d. cannabinoids
Soal PJOK Kelas 5 SD/MI Semester 2 Uraian
1. Thomas dan Ardi melaksanakan variasi gerak dasar lokomotor dan manipulatif lewat gerakan javeline pass. Jelaskan gerakan javeline pass dalam permainan bola basket!
2. Jelaskan variasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif, yakni berjongkok dan menangkap bola menyusur tanah dalam permainan rounders!
3. Jelaskan posisi tubuh yang benar setelah melaksanakan lemparan roket!
4. Sebutkan dua bentuk latihan interval!
5. Jelaskan cara melatih lompatan dengan awalan lari dalam lompat jauh!
6. Jelaskan cara melompati boks lompat pada gerak ketangkasan!
7. Dewi dan Lusi melaksanakan langkah samping. Bagaimana langkah- langkah melaksanakan langkah samping?
8. Bagaimana posisi tubuh ketika melaksanakan gerakan renang gaya dada?
9. Tuliskan lima cara hidup sehat secara sederhana!
10.Jelaskan cara penanggulangan dilema narkoba secara kurasi!
Kunci Jawaban Soal Penilaian Akhir Semester PJOK Kelas 5 SD Semester 2
Pilihan Ganda
1. c
2. d
3. c
4. b
5. c
6. b
7. d
8. a
9. c
10.d
11.a
12.a
13.d
14.a
15.b
16.d
17.c
18.a
19.d
20.a
1. Javeline pass merupakan operan untuk jarak yang cukup jauh dengan lintasan di atas kepala. Teknik ini dijalankan untuk menyingkir dari pengamanan lawan. Gerakan javeline pass diawali dengan memegang bola satu tangan di atas kepala. Tangan lain diangkat untuk menyeimbangkan gerakan. Operan dijalankan dengan mengayun lengan dari siku ke atas depan sambil memutar tubuh ke depan.
2. Kombinasi gerak dasar nonlokomotor dan manipulatif yakni berjongkok dan menangkap bola rounders menyusur tanah dijalankan dengan cara berikut. Posisi permulaan jongkok dan kedua telapak tangan dibuka. Saat bola datang, julurkan tangan ke depan untuk menangkap bola. Jika bola sudah tertangkap, secepatnya tarik tangan ke arah badan.
3. Posisi tubuh yang benar setelah melakukan lemparan raket yakni memindahkan berat tubuh dari belakang ke depan dibarengi langkah kaki kanan melompat ke depan dan kaki kiri pindah ke belakang. Gerakan tersebut mesti dijalankan di belakang garis batas lemparan biar lemparan dianggap sah
4. Dua bentuk latihan interval (interval training), yakni interval running (lari) dan interval swimming (renang).
5. Melatih lompatan dengan awalan dalam lompat jauh sanggup dijalankan dengan cara berikut.
Berlari dengan kecepatan stabil.
Ubah langkah dari lari ke melompat dengan cepat.
Pergelangan kaki, lutut, dan persendian panggul dilekukkan untuk memberi tenaga dorong yang besar.