Lk 3.3 Jurnal Mengajar Dan Urusan Pelaksanaan Praktik Mengajar Ke-2 Ppg Daljab Angkatan 2 Tahun 2021

LK 3.3 Jurnal Mengajar Dan Kasus Pelaksanaan Praktik mengajar Ke-2 PPG Daljab Angkatan 2 Tahun 2021



Tanggal                                                        : 15 Juli 2021

Tempat                                                        : SD Labschool Unnes

Bentuk                                                        : Daring/Luring

Waktu                                                          : 09.00 – 10.10 WIB

Kompetensi Dasar                                       :

Indikator                                                      :

PPKn

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Memahami arti gambar pada lambang negara Garuda Pancasila.

3.1.1 Mengidentifikasi sikap mensyukuri lezat Tuhan dengan menyebutkan hukum makan yang bagus dan benar

2

4.1 Menceritakan arti gambar pada lambang Negara Garuda Pancasila.

4.1.1 Menceritakan pengalaman bersyukur terhadap Tuhan YME

 

Bahasa Indonesia

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep ciri-ciri, keperluan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan kemajuan makhluk hidup yang ada di lingkungan lokal yang dihidangkan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

3.4.1  Menyebutkan alat-alat pernapasan makhluk hidup

2

4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, keperluan (makanan dan daerah hidup), pertumbuhan, dan kemajuan makhluk hidup yang ada di lingkungan lokal secara tertulis menggunakan kosakata baku dalam kalimat efektif.

4.4.1)  Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.

 

 

Matematika

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

 

3.1.1) menghitung penjumlahan dua bilangan ribuan 4 angka dengan penjumlahan bersusun teknik tanpa meminjam menurut data yang ada dengan benar

2

4.1 Menyelesaikan perkara yang melibatkan penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.

4.1.1)  menghitung dan mengakhiri soal kisah sehari-hari yang berhubungan dengan penjumlahan dua bilangan ribuan 4 angka dengan penjumlahan bersusun teknik tanpa menyimpan, dengan benar.

 

 

Jumlah Peserta Didik Hadir                        : 17 dari 18 siswa

 

No.

Kendala yang Terjadi

Ketidaksesuaian antara Rencana dengan Pelaksanaan

Kasus/Permasalahan yang Timbul

1.

Koneksi Internet

Kira-kira pada menit ke-10, koneksi internet saya/guru tiba-tiba terputus. Hal itu terjadi di saat guru sedang mengajukan pertanyaan jawab dengan siswa.

·         Guru “terpental” keluar dari ruang pembelajaran, sedangkan pembelajaran lewat google meeting tetap berlangsung.

·         Siswa mengalami kekosongan aktivitas pembelajaran selama beberapa saat.

·         Guru mesti mengulang kembali aktivitas mengajukan pertanyaan jawab di saat sukses masuk kembali ke ruang pembelajaran.

 

2.

Pelantang akseptor didik nyaris senantiasa On

Ketika pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang belum mematikan pelantangnya. Sehingga, bunyi siswa dan suara-suara yang ada di sekeliling siswa menjadi masuk dan terdengar di dalam ruang pembelajaran.

Kegiatan pembelajaran menyerupai guru menerangkan materi, tanya jawab dan diskusi siswa, atau penyajian yang ditangani oleh siswa menjadi sedikit terganggu.

Guru juga mesti berkali-kali mengingatkan siswa untuk mematikan pelantangnya.

 

3.

Guru belum mengenal siswa

Siswa belum memiliki akun berguru sendiri, baik akun dari kemdikbud maupun akun gmail pribadi siswa. Hanya  beberapa siswa yang sudah menggunakan akun gmailnya sendiri, dan selebihnya masih menggunakan akun dan nama performa orang bau tanah siswa.

Dalam aktivitas pembelajaran, sungguh penting bagi guru untuk mengenal siswa, mengenal tampang dan nama siswa.

Dalam pembelajaran daring, apabila guru tidak mengenali tampang dan nama siswa, guru kesusahan untuk menunjuk, menampilkan apresiasi, maupun teguran. Guru berulang kali keliru mengundang siswa dengan nama orang tuanya.

Hal itu diperburuk apabila koneksi internet tidak stabil, sehingga pada layar tampang siswa tidak tampil.

 

4.

Materi didik loncat ke pembelajaran 5

Materi didik untuk pelaksanaan PPL ke-2 sudah diputuskan dalam aktivitas perancangan pembelajaran sebelumnya oleh guru, merupakan bahan pembelajaran tema 1 subtema 1 pembelajaran 5. Mestinya siswa mengawali aktivitas berguru dari tema 1 subtema 1 pembelajaran 1.

 

Guru mesti sedikit menerangkan bahan sebelumnya yang merupakan bahan prasyarat untuk mengerti bahan yang diajarkan pada hari itu.

 

 

 

 

 



Sumber https://www.rifanfajrin.com/
Buat lebih berguna, kongsi:
close