#8 Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit


Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit: Daun ekor naga mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan, sehingga hal itu membuatnya layak untuk dimasukkan ke dalam golongan tumbuhan obat. Tanaman ini memang mempunyai daun yang sekilas menyerupai dengan bentuk ekor naga.
Di balik bentuknya yang unik, daun ekor naga berkontribusi di dunia pengobatan herbal. Daunnya berguna untuk mengobati beberapa jenis penyakit, serta berguna untuk perawatan kecantikan.
Nama latin untuk tumbuhan ekor naga ialah Rhaphidophora pinnata schott, yang digolongkan ke dalam keluarga Araceae. Tanaman ekor naga mempunyai nama lain menyerupai samblung. Orang Jawa menyebutnya jalu mampang, sedangkan orang Sunda menawarkan nama lolo munding.
Ciri-ciri tumbuhan ekor naga Batang tumbuhan ekor naga tumbuh dengan melilit atau merambat, hingga mencapai tinggi sekitar 15 cm. Batang ini mempunyai akar yang menggantung di udara dan sanggup melekat. Daunnya besar dan lebar, dengan ujung yang runcing. Kandungan daun ekor naga Mineral penting yang terdapat dalam daun ekor naga termasuk natrium, zat besi, dan kalium. Sehingga daun ekor naga mempunyai sifat diuretik atau sebagai peluruh urin.
8 Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan dan Kecantikan Daun ekor naga sanggup dipakai untuk mengatasi aneka macam gangguan kesehatan dan penyakit tertentu. Berikut ini ialah cara menciptakan ramuan herbal memakai daun ekor naga:
#8 Manfaat Daun Ekor Naga Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

1. Mengobati anemia
Daun ekor naga mengandung zat besi yang berlimpah, yang diperlukan dalam proses pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi daun ekor naga secara teratur, maka penyakit anemia sanggup diobati.

2. Mengobati batuk Orang
Vietnam sering memakai tumbuhan ekor naga sebagai obat batuk, paralisis, dan konjungtivitis. Cara membuatnya, ambil 3 lembar daun ekor naga dan rimpang jahe. Rebus dengan 300 ml air hingga tertinggal 200 ml saja. Minum airnya ketika masih hangat.

3. Mempercepat pemulihan luka
Zat besi dalam daun ekor naga bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan jaringan kulit yang mengalami luka. Minum air rebusan daun ini setiap hari untuk menerima hasil yang optimal.

4. Mengatasi nyeri dan infeksi akhir reumatik
Pembengkakan dan rasa nyeri pada persendian dialami oleh penderita rematik. Untuk mengatasi tanda-tanda ini, buatlah ramuan daun ekor naga. Rebus beberapa lembar daun ekor naga dengan air secukupnya, biarkan mendidih selama beberapa saat. Minum larutan ini dengan rutin hingga sembuh.

5. Membantu mengobati kelumpuhan (paralysis)
Orang Vietnam memakai daun ekor naga untuk mengatasi kelumpuhan pada penggalan tubuh. Caranya tidak sulit, cukup dengan mengkonsumsi air yang diperoleh dari rebusan daun ini.

6. Menguatkan tulang
Mineral penting yang terdapat di dalam daun ekor naga, ternyata berguna untuk menjaga kekuatan tulang. Sehingga efektif untuk mencegah tulang keropos (osteoporosis).

7. Mencegah kanker dan tumor
Daun ekor naga terbukti secara empiris, bisa mencegah dan melawan sel asing penyebab kanker. Penggunaan daun ini sebagai anti kanker, telah usang dikenal di Singapura. Cukup dengan menyeduh daunnya sebagai minuman teh.

Manfaat Daun Ekor Naga untuk Kecantikan Kulit
8. Mengatasi radang kulit
Daun Ekor naga bisa mengatasi aneka macam infeksi dan peradangan pada kulit, menyerupai kurap, ruam, bisul, dan kutu air. Caranya, iris-iris daun ekor naga lalu tumbuk hingga lumat. Terapkan pada penggalan kulit yang bermasalah. Biarkan selama 15 menit, sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari, untuk hasil optimal. Manfaat daun ekor naga lainnya Daun unik ini juga sering dipakai untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan, menyerupai bunyi serak, jerawat, dan sebagai pembersih darah kotor.
Nah, itulah 8 manfaat dan khasiat daun ekor naga untuk kesehatan, yang bersumber dari laman KiniSehat. Semoga bermanfaat!
Buat lebih berguna, kongsi:
close